COBA

اَهْلاًوَسَهْلاً Selamat Datang di Blog TK Islam Al Hamid <=====>INFO: Awal masuk Tahun Ajaran Baru 2016/2017 pada Hari Rabu Tanggal 20 Juli 2016<=====>


















Tata Tertib TK Islam Al Hamid




Jadwal hari sekolah
          ¥ PG           : Senin-Kamis                            Pukul 08.00 s.d 10.30 WIB
                              Jum’at                                    Pukul 08.00 s.d 10.00 WIB
          ¥ A & B       : Senin s.d Kamis                       Pukul 07.30 s.d 11.00 WIB
                              Jum’at dan Sabtu                    Pukul 07.30 s.d 10.00 WIB

  1. Murid memakai seragam sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  2. Murid dilarang membawa jajanan/makanan yang mengandung MSG, zat pewarna, serta permen karet dan sejenisnya.
  3. Murid dilarang membawa mainan ke sekolah.
  4. Murid dilarang membawa uang, kecuali pada hari Jum’at untuk “Kegiatan Gemar Bersedekah” atau amal
  5. Melunasi SPP paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.
  6. Bagi pengantar/orang tua diharapkan berpakaian rapih dan sopan, bagi pengantar/orang tua perempuan wajib mengenakan jilbab/kerudung.
  7. Murid diharapkan tidak terlambat datang ke sekolah. Jika terpaksa tidak masuk, maka wajib memberitahu pihak sekolah minimal melalui pesan singkat/SMS kepada guru kelompoknya masing-masing.
  8. Selama Anak berada di dalam lingkungan sekolah akan menjadi tanggung jawab sekolah, maka orang tua tidak diperkenankan mengambil/menemani anak di dalam kelas kecuali izin dari guru/kepala sekolah.
  9. Menjaga kebersihan dan ketertiban di dalam kelas & lingkungan sekolah.
  10. Menjaga sopan santun kepada semua orang terutama orang tua dan guru.
  11. Menjaga nama baik sekolah dan Yayasan Mantab Al Hamid.


& Snack Time/Perbekalan
Pada kegiatan snack time terdapat pendidikan mengenai adab makan. Oleh karenanya diharapkan makanan yang dibawa siswa adalah yang sehat dan seimbang dan tidak mengandung MSG, Zat Pengawet, dan Pewarna. Makanan ringan seperti Chiki dan sejenisnya dilarang dibawa ke sekolah.

& Ulang Tahun
Sekolah mengizinkan perayaan ulang tahun di sekolah dengan konfirmasi terlebih dahulu dan tidak mengganggu aktifitas pembelajaran. Adapun sifatnya adalah optional dan bukan sebuah keharusan. Belajar untuk hidup hemat dan peduli sesama adalah lebih baik bagi ananda. Namun, bagi yang merayakannya, berbagi kebahagiaan adalah spirit utama dalam perayaan ulang tahun tersebut. Mohon orang tua murid mensosialisasikannya kepada putera puterinya.

& Tabungan
Sekolah mewajibkan kegiatan Gemar Menabung sejak dini setiap hari melalui guru kelas masing-masing dan tabungan akan dikembalikan ke orang tua pada akhir tahun saat pengambilan raport semester II dan biaya infaq administrasi tabungan.

& Perlengkapan Siswa
Barang-barang yang dipergunakan sehari-hari dan ditinggal di Sekolah oleh murid seperti; perlengkapan sholat (sajadah, mukena), cangkir, sikat gigi, sandal (wajib diberi nama), baju ganti, handuk supaya setiap hari Jum’at dicek ulang kebersihannya ataupun dibawa pulang untuk diganti atau dicuci, juga pada saat-saat libur panjang.

& Buku dan Perlengkapan Belajar
Buku paket dan semua perlengkapan belajar di sekolah sudah disediakan oleh sekolah. Buku paket siswa akan dikembalikan kepada siswa/dibawa pulang pada saat pembagian raport akhir semester.
Buku-buku, alat peraga, perlengkapan belajar dan permainan di sekolah hanya bisa digunakan murid di sekolah, tidak diperkenankan untuk pinjam bawa pulang ke rumah.

& Persiapan Kegiatan Renang
Pada saat giliran renang mohon agar orang tua mempersiapkan perbekalan renang yang wajib dibawa dari rumah, antara lain: handuk, ban renang, sabun mandi, shampo, baju ganti, plastik untuk pakaian basah, sisir.     

& Pemberitahuan/info sekolah
Sekolah menyampaikan pemberitahuan atau informasi tentang kegiatan yang akan berlangsung melalui surat edaran yang diberikan melalui murid.

& Buku Prestasi Yanbu’a
Merupakan catatan guru atas perkembangan bacaan Yanbu’a murid setiap harinya. Buku ini ditinggal di sekolah dan ditunjukkan/dilaporkan kepada orang tua bersamaan dengan pembagian raport semester

& Jurnal Pagi
Merupakan kegiatan dipagi hari dengan tugas yang diberikan guru di dalamnya untuk dikerjakan di kelas dengan bimbingan guru. Tujuannya adalah bukan kepada hasil benar-salahnya atau bagus-tidaknya hasil pekerjaan ananda, tetapi lebih kepada pola pembiasaan belajar yang teratur sejak dini, yang InsyaAllah akan membantu dalam proses kemandirian belajar ananda nantinya. Untuk itu mohon kerjasama ayah/bunda menetapkan waktu belajar yang konsisten untuk ananda sehari-harinya.

& Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler menyesuaikan.

& Kesehatan
Bila ada murid yang alergi terhadap makanan/minuman atau kondisi tertentu, atau memiliki kekhususan dalam kesehatannya, mohon agar orang tua segera menginformasikannya kepada guru kelas.
Adalah kewajiban orang tua untuk menginformasikan kepada sekolah bila anaknya sakit. Untuk kondisi khusus (sakit yang dapat menularkan ke murid lain, seperti : sakit mata, cacar, dll) dihimbau agar orang tua tidak mengirim anaknya bersekolah terlebih dahulu sampai benar-benar sehat.
Pihak sekolah akan menjenguk anak sakit apabila anak tersebut tidak masuk sekolah karena sakit selama 5 hari berturut-turut.
 
& Pembayaran
Pembayaran uang sekolah bulanan agar tepat waktu dari mulai tanggal 10 tiap bulannya, jika ada keterlambatan pembayaran supaya memberitahukan kepada bagian keuangan sekolah.

& Home Visit (Kunjungan Rumah)
Kegiatan Home Visit adalah kegiatan seluruh guru mengunjungi rumah anak pada hari Jum’at dari pukul 11.00 s.d 12.00 WIB yang diwajibkan untuk kelompok B dengan tujuan utama yaitu menjalin Silaturrahim antara guru dengan anak dan orangtua serta tidak membebani orangtua. Kegiatan ini telah terjadwal (terlampir) dan jadwal sewaktu-waktu bisa berubah apabila ada acara di sekolah atau bertepatan dengan kegiatan lainnya. Jika orangtua berhalangan, maka dapat bertukar tanggal kunjungan dengan orang tua lain sesuai kesepakatan bersama. Apabila ada kelompok A atau Kelompok Bermain yang berminat untuk dikunjungi dapat menghubungi guru kelas masing-masing tetapi tidak merubah jadwal yang telah terlampir.

& Shalat Dhuha
Dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis setelah Ikrar
 
Tata tertib ini dibuat oleh sekolah untuk dapat dipahami dan disepakati oleh orang tua murid dalam rangka mendukung kelancaran proses belajar mengajar di TK ISLAM AL-HAMID. Bilamana selanjutnya terdapat kendala atau hal-hal yang belum ditetapkan dalam Tata Tertib ini, maka orang tua dan sekolah sepakat untuk bermusyawarah guna mencapai jalan keluar yang terbaik bagi kedua belah pihak.



Informasi, Konsultasi, Keluhan dan Saran

  1. Jika ada orang tua murid ingin berkonsultasi dengan guru dapat menghubungi nomor telepon Guru kelas masing-masing atau dapat menemui langsung pada siang hari saat murid pulang sekolah. Sekolah tidak mengizinkan konsultasi dengan guru dilakukan pada waktu proses kegiatan belajar mengajar (07.15 – 11.00 WIB).
  2. Konsultasi keluarga (orangtua murid/anak) dengan Kepala Sekolah mengenai perkembangan putra-putrinya dapat dilaksanakan melalui perjanjian dengan tata usaha.
  3. Orang tua diharapkan hadir pada acara-acara yang diadakan sekolah untuk menghindari informasi yang salah, baik mengenai perkembangan perilaku atau kognitif anak didik.
  4. Saran dan usul keluarga mengenai perkembangan sekolah dapat disampaikan langsung kepada Kepala Sekolah.


ŒAntar Jemput

1.  Murid yang ikut jasa antar jemput supaya selalu diberikan nasehat-nasehat yang baik dan peraturan berkendaraan kepada anak-anak tersebut, juga kepada supir/pemilik jasa antar jemput sehingga diharapkan selalu terjaga keselamatannya.
2.  Bagi keluarga yang menjemput putra-putrinya dimohon tepat waktu dan bila ada pergantian penjemput harap memberitahukan kepada pihak sekolah (guru/tata usaha)
3. Orang tua wajib menginformasikan kepada guru kelas apabila terlambat menjemput anak